Sunday, June 23, 2013

Hal Terpenting Ketika Ulang tahun

Lahoow metan-metan...

Gue nulis kali ini dalam keadaan yang tidak biasa. Kalo seperti biasanya, gue akan mulai menulis ketika kondisi tubuh gue berada dalam kondisi yang fit dan mood yang bagus, tapi kali ini dengan kondisi yang kurang fit (baca : kelelahan) gue mencoba untuk menulis. Harapan gue , mudah-mudahan kedepannya tulisan ini bisa dengan mudah dipahami oleh teman-teman sekalian yang senantiasa mengunjungi blog ini.

Baiklah... sesuai judul kali ini, gue akan membahas tentang "ulang tahun". "Apa sih yang dimaksud tentang hari ulang tahun?"... Semua pasti tau kalau definisi dari kata ulang tahun itu adalah hari kelahiran seseorang. Berhubung karena hari ulang tahun itu merupakan salah satu momen penting karna bertambahnya umur/usia, maka setiap tahun (pada hari ulang tahun) kita semua sering merayakannya,  baik itu bersama keluarga ataupun teman. 

Sebelum lanjut, gue kepengen membahas sedikit tentang "Apa perbedaan antara umur dan usia ?"... Memang secara umum, usia dan umur ini mempunya pengertian yang sama, akan tetapi sebenarnya usia dan umur itu mempunyai makna yang berbeda. Usia itu merupakan lamanya nyawa yang berada dalam tubuh kita, sementara umur adalah kemanfaatan atau efesiensi dari tubuh itu sendiri. Buat yang masih bingung saya akan berikan contoh : 

Misalkan Ipang dan Ottid baru membeli sebuah komputer yang sama pada tanggal 1 januari 2013, akan tetapi komputer yang Ipang miliki tidak pernah digunakan karena Ipang lebih senang menggunakan laptop. Kebalikannya, si Ottid ini selalu menggunakan komputer yang ia beli karena ia tidak mempunyai laptop. Karena jarang dipakai, maka komputer yang Ipang miliki tadi ia jual 2 bulan kemudian karena tidak pernah dipakai.


Dari hal diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, usia dari kedua komputer tersebut sampai hari sebelum Ipang menjual komputer miliknya adalah sama, tetapi dari segi manfaat, komputer si Ottid lebih bermanfaat dibandingkan dengan komputernya si Ipang. Jadi, kurang lebih seperti itulah perbedaan antara umur dan usia.

Oke, gue lanjut dengan membahas topik yang tadi, yaitu “ulang tahun”. Gue nggak tau kenapa, tapi hari ini gue pengen banget nge-post dengan tema ulang tahun. Mungkin cuaca malam hari ini cukup cerah kali yah ? #NgasihKode #NgarepDikasihUcapanSelamatUlangTahu #HestekEnteKepanjanganGoblok....

Kalo ngomongin soal ulang tahun, gue paling nggak ngerti dengan istilah “traktiran” atau “pesta”. Menurut gue, kedua hal itu sebenarnya tidak terlalu penting. Menurut gue, hal terpenting ketika kita ulang tahun adalah introspeksi diri. Artinya kita coba mengevaluasi diri kita, “apa yang telah kita lakukan selama setahun terakhir ini ?”. Memang tidak ada salahnya ketika kita memiliki sedikit rezeki dan ingin berbagi kepada teman-teman seperjuangan, tapi “traktiran” atau “pesta” ini bukan merupakan tolak ukur yang harus dilaksanakan ketika kita sedang dalam kondisi berulang tahun.

Jujur saja, selama ulang tahun gue nggak pernah mendapatkan “jatah” langsung dari orang tua. Bukan karna orang tua saya pelit, bukan ! Menurut gue,  sudah cukup banyak hal yang gue lakuin buat ngerepotin mereka, jadi gue nggak pengen lagi membuat mereka repot, walaupun dalam konteks kali ini gue yakin mereka melakukanya dengan ikhlas dan tanpa pamrih sedikit pun. Jadi, ujung-ujungnya kita kembali lagi ke introspeksi diri kita masing-masing : “Hal-hal apakah yang telah kita berikan untuk orang tua kita ?”, “Seberapa banyakkah senyum yang kita buat diwajah mereka ?”, “Seberapa banyakkah air mata yang jatuh karena tingkah laku kita ?”, dan masih banyak pertanyaan lain lagi harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Saya yakin semua pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab oleh pribadi kita masing-masing.

Jadi buat teman-teman yang pengen banget ditraktir, gue mohon maaf dulu yah... Sekarang gue belum punya penghasilan sendiri, jadi gue belum bisa mentraktir kalian semua atau bahkan membuat pesta yang meriah. Dan yang terakhir, mohon maaf kalo ada kalimat ato kata-kata yang rancu... Mohon dimaklumi saja kondisi dan keadaan malam hari ini. Retima Sakih, pamsai pumja ditospingan-tospingan rebikutnya.

2 comments:

  1. interested...btw,lo emang mau menghindari tagihan temen2 kan? gpp kok, its ur choice...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kayak gitu juga sih stad.. tapi emang karna belum ada pendapatan aja, maklum kan masih numpang sama orang tua :D

      Delete