Sunday, May 12, 2013

Kejadian 12 Mei 15 Tahun Lalu

Hoi ! Ketemu lagi kita... Udah hampir sebulan nih gue gak nulis lagi disini, maklum sekarang gue agak sibuk, sibuk ngurusin tugas yang nggak ada habisnya :| Berhubung ini tanggal 12 Mei, gue pengen ngebahas tentang kejadian bulan Mei 15 tahun lalu. Ada kejadian apa pada bulan Mei 15 tahun lalu ? Mungkin banyak generasi muda sekarang tidak tau menau tentang kejadian tragis 15 tahun silam. Jujur, gue juga kurang begitu mengerti tentang kejadian bulan Mei 15 tahun lalu ini.

Semuanya berawal dari twitter, seperti biasa, pagi ini gue duduk didepan komputer dengan ditemani oleh pilot dan beberapa bagian dari sinar dunia yang berukuran a4 (baca: pulpen dan kertas). Karena ditemani oleh komputer dengan koneksi internet, pagi itu saya sangat bersemangat menulis laporan praktikum. Tak terasa waktu pun berlalu dengan cepat, sekarang jam sudah menunjukan pukul 11.30 WIB. Tanpa disengaja, gue melihat tweet-tweet dari  bang Pandji yang bertema "melawan lupa". Pertamanya sih gue sempat cuek, tapi lama kelamaaan setelah melihat hastag #Mei98, gue jadi tertarik, sebenarnya ada apa sih tentang hastag #Mei98 ini. Usut punya usut, ternyata memang benar, ada kejadian bersejarah pada bulan mei 15 tahun lalu. Diawali dengan demo yang dilakukan oleh para mahasiswa-mahasiswa univiersitas trisakti, sampai terjadinya penembakan kepada mahasiswa yang menewaskan 4 korban. Pada bulan mei 15 tahun lalu, Jakarta sempat menjadi tempat yang sangat mengerikan. Amukan masa yang semakin menjadi-jadi menyebabkan beberapa toko, rumah, dan kendaraan bermotor hangus dibakar masa, bahkan sampai warga biasa sekalipun mereka bakar habis. Mengerikan. Menurut informasi yang saya dapat, entah kenapa pihak-pihak keamanan hanya diam saja melihat keadaan mencekam seperti ini... Semua kejadian ini terjadi karena masyarakyat sudah 'bosan' dengan kepemimpinan Suharto selama 32 tahun, mereka ingin pemimpin baru yang lebih baik. Dan pada tanggal 21 Mei 1998, akhirnya Suharto mengundurkan diri dari kursi kepresidenan dan yang melanjutkan tanggung jawab tersebut adalah wakilnya sendiri : BJ Habibie.

Jujur, awalnya gue nggak ngerti tentang kejadian ini, umur gue waktu itu baru sekitaran 3 tahun, jadi gue nggak ngerti sama sekali. Disekolah dulu pun, seingat gue nggak pernah diajarin tentang kejadian ini. Entah kenapa kejadian bersejarah ini seakan disembunyikan. Mungkin ini memang hanya perasaan saya saja, tapi intinya banyak kaum muda-mudi sekarang yang tidak tau tentang keajadian ini. Gue sempat nge-twit dan posting disalah satu grup facebook tentang kejadian bulan Mei 15 tahun lalu ini, tapi yang respon cuman segelintir orang. Saya tidak tau, apakah mungkin karena kejadian ini kurang menarik atau memang kaum muda-mudi kita sekarang sudah tidak perduli lagi dengan sejarah penting seperti ini. Memang ini bukan bidang gue, gue kuliah pada bidang eksak, tapi setidaknya gue mencoba mencari tau sebenarnya ada kejadian apa 15 tahun lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 1998.


Terakhir dari saya, mohon dikoreksi apabila ada informasi yang salah pada tulisan ini. Maklum saya juga belum begitu paham tentang kejadian 15 tahun silam, tapi setidaknya saya mencoba berbagi sejarah dengan kawan-kawan sekalian. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bahas tentang kejadian ini, tapi karena kurangnya informasi jadi hanya saya batasi sampai disini.

Saya harap, jangan hanya karna kepentingan segelintir orang terus kejadian bersejarah seperti ini akan hilang ditelan waktu. Beritahukan lah kepada masyarakyat, khususnya kaum muda-mudi, agar nantinya mereka tau seperti apa seluk beluk negara kita diwaktu yang lampau.

Kalau  ada yang ingin memberikan tambahan atau koreksi, silahkan taruh dikotak komentar yang ada dibawah postingan ini. 

Buat yang pengen tau lebih jelas tentang kejadian ini, silahkan cek disini  :

                           

1 comment: